Analisa Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Dengan Standar Information Technology Infrastructure Library (ITIL V3): Studi Kasus Pengadilan Negeri Bondowoso

Penulis

  • Muhammad Ilham Alhari Telkom University Surabaya
  • Pima Hani Safitri
  • Arni Muarifah Amri
  • Arip Ramadan

DOI:

https://doi.org/10.32815/jitika.v18i2.974

Kata Kunci:

E-Court, Information Technology Infrastructure Library (ITIL), Pengadilan Negri Bondowoso, Sistem Informasi Penelusuran Perkara, Sistem Informasi Arsip Kesekretariatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kematangan manajemen layanan Teknologi Informasi (TI) di Pengadilan Negeri Bondowoso dengan menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 (V3). Penggunaan TI dalam pengadilan negri telah menjadi krusial untuk mendukung operasional sehari-hari, efisiensi, dan kualitas layanan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengadilan Negeri Bondowoso memiliki tingkat kematangan manajemen layanan TI yang masih perlu ditingkatkan. ITIL V3 digunakan sebagai pedoman untuk mengevaluasi proses-proses manajemen layanan TI di pengadilan tersebut. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi sumbangan penting dalam konteks pengembangan manajemen layanan TI di lembaga sejenis, dengan fokus pada penerapan kerangka kerja ITIL V3. Diharapkan bahwa dengan perbaikan yang sesuai, pengadilan dapat mencapai tingkat kematangan manajemen layanan TI yang lebih tinggi dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Kata Kunci: Information Technology Infrastructure Library (ITIL); Pengadilan Negri Bondowoso, Manajemen layanan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Faruq, B. (2020). Integration of ITIL V3, ISO 20000 & ISO 27001:2013forIT Services and Security Management System. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(3), 3514–3531. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2020/157932020
Alhari, M. I., Witarsyah, D., Nugraha, R. A., Nuraliza, H., Azzahra, S. F., & Rismadewi, K. A. (2022). Developing IT Strategic Transformation of Smart Village Concept for Indonesian Village Model. Proceedings - International Conference Advancement in Data Science, E-Learning and Information Systems, ICADEIS 2022, November. https://doi.org/10.1109/ICADEIS56544.2022.10037570
Andry, J. F., & Christianto, K. (2018). Evaluating Maturity Level Using Framework ITIL: A Case Study of Service Desk’s. International Journal of Information Technology and Business, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.24246/ijiteb.112018.16-23
Ernawati, Y., & Wang, G. (2023). Assessing IT Services Management with ITIL Framework V3: A Case Study. Journal of System and Management Sciences, 13(4), 152–164. https://doi.org/10.33168/JSMS.2023.0409
Ilyasa, M. K., & Bisma, R. (2022). Analisis Manajemen Insiden dan Masalah Layanan IT pada Balitbang Jatim. Emerging Information Systems and Business Intelligence, 03(01), 50–58.
Larasati, V. W., Murtini, S., & Raharjanti, R. (2023). ITIL Framework 3 : Analysis of Management Information Technology Services at XYZ Hospital in Semarang. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science, 03(02).
Lubis, M., Annisyah, R. C., & Lyvia Winiyanti, L. (2020). ITSM Analysis using ITIL V3 in Service Operation in PT.Inovasi Tjaraka Buana. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 847(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/847/1/012077
MacLean, D., & Titah, R. (2023). Implementation and impacts of IT Service Management in the IT function. International Journal of Information Management, 70(February), 102628. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2023.102628
Mironkina, A., Kharitonov, S., Kuchumov, A., & Belokopytov, A. (2020). Digital technologies for efficient farming. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 578(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/578/1/012017
Nur, M., Batmetan, J. R., & Manggopa, H. K. (2019). Smart City Maturity Level Analysis Using ITIL Framework. 299(Ictvet 2018), 243–247. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.55
Ruiz, M., Moreno, J., Dorronsoro, B., & Rodriguez, D. (2018). Using simulation-based optimization in the context of IT service management change process. Decision Support Systems, 112(December 2017), 35–47. https://doi.org/10.1016/j.dss.2018.06.004
Safitri , Cahya Indah, Supriyadi Didi, A. S. (2021). Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V3. Jurnal Jupiter, 13(1), 134–144.
Serrano, J., Faustino, J., Adriano, D., Pereira, R., & da Silva, M. M. (2021). An it service management literature review: Challenges, benefits, opportunities and implementation practices. Information (Switzerland), 12(3). https://doi.org/10.3390/info12030111
Yandri, R., Suharjito, Utama, D. N., & Zahra, A. (2019). Evaluation model for the implementation of information technology service management using fuzzy ITIL. Procedia Computer Science, 157, 290–297. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.08.169

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-29

Cara Mengutip

Alhari, M. I., Safitri, P. H., Amri, A. M., & Ramadan, A. (2024). Analisa Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Dengan Standar Information Technology Infrastructure Library (ITIL V3): Studi Kasus Pengadilan Negeri Bondowoso. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 18(2), 50–57. https://doi.org/10.32815/jitika.v18i2.974