Perancangan Perancangan 25 Packaging Template Untuk Meningkatkan Peluang Usaha Bagi Pelaku Usaha Makanan Dan Minuman Dengan Metode Tempel Di Kota Malang

  • Bintang Pramudya Putra Universitas Ma Chung
  • Sultan Arif Rahmadianto

Abstract

Awal tahun 2012 menjadi pembuka populernya online market place di Indonesia, sejak saat itu pola pemasaran sebuah produk berubah, tidak hanya berorientasi pada penjualan toko fisik, melainkan mulai memasarkan produk mereka secara online atau daring pada berbagai platform market place. Sebuah riset dilakukan oleh sebuah perusahaan GoJek di Indonesia yang menunjukkan bahwa 70.4% masyarakat di Indonesia memilih atau membeli sebuah produk berdasarkan presentasi produk yang mereka lihat pada halaman market place. Seorang pemasar dapat menggunakan text, soara, ataupun gambar yang dapat saling menunjang satu unsur dan yang lainnya. Metode perancangan template serta desain kemasan berikut penggunakan metode kulitatif model ADDIE diantaranya: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Perancangan 25 packaging template berikut bertujuan untuk meningkatkan peluang usaha bagi pelaku usaha makanan dan minuman di kota Malang, dengan menggunakan metode tempel pada kemasan, diharapkan pelaku usaha atau UMKM tidak terbebani dengan beban biaya desain ataupun produksi kemasan yang terlalu tinggi.


Kata Kunci: Pemasaran, media sosial, template

Published
2022-02-23
How to Cite
PUTRA, Bintang Pramudya; RAHMADIANTO, Sultan Arif. Perancangan Perancangan 25 Packaging Template Untuk Meningkatkan Peluang Usaha Bagi Pelaku Usaha Makanan Dan Minuman Dengan Metode Tempel Di Kota Malang. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 92-101, feb. 2022. ISSN 2597-4300. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/661>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i2.661.
Section
Articles