Perancangan Explainer Video Universitas Ma Chung Sebagai Inovasi Media Promosi

  • Sultan Arif Rahmadianto Universitas Ma Chung
  • Tegar Andito Universitas Ma Chung

Abstract

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan antar berbagai perguruan tinggi khususnya Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sebuah perguruan tinggi harus memiliki branding yang baik dan selalu berusaha untuk meningkatkan dan mempertahankannya. Universitas Ma Chung merupakan PTS yang terletak di Malang Jawa Timur telah melakukan upaya peningkatan kegiatan promosi namun strategi yang dipilih masih tergolong umum. Penggunaan strategi promosi yang umum seperti yang dilakukan oleh universitas lain membuat positioning Universitas Ma Chung menjadi kurang kuat karena tidak ada sesuatu pembeda dengan  universitas lainnya. Explainer videos adalah suatu media paling atraktif dalam menjelaskan tentang siapa atau apa yang dikerjakan dan mempromosikan sebuah bisnis dalam satu waktu. Melalui explainer videos Universitas Ma Chung akan dipermudah dalam kegiatan promosi dan branding. Metode perancangan explainer videos menggunakan pendekatan kualitatif meliputi discovery, script, storyboard, animation, dan delivery. Hasil perancangan menghasilkan alternatif media promosi berbentuk explainer videos dengan tujuan meningkatkan awareness Universitas Ma Chung.

References

Angus, A.(2014). The Definitive Guide to Corporate Explainer Video. US: Switch Video.

Kotler, P & Keller, K, L. (2006). Marketing Management. Chicago: Prentice-Hall.

Hardr. (2010). Perguruan Tinggi Haru Memiliki Branding Hadapi Persaingan.ANTARNEWS.

Surachman, SA. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan. Malang: Bayumedia Publishing.
Published
2019-04-10
How to Cite
RAHMADIANTO, Sultan Arif; ANDITO, Tegar. Perancangan Explainer Video Universitas Ma Chung Sebagai Inovasi Media Promosi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 61-68, apr. 2019. ISSN 2597-4300. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/319>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i2.319.