Rebranding Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede Sebagai Kampung Wisata Edukasi

Authors

  • Fairuz Nur Naghiesa UPN Veteran Jawa Timur
  • Sri Wulandari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Alfian Candra Ayuswantana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v8i02.1009

Keywords:

Identitas Visual, Rebranding, Kampoeng Pintar

Abstract

Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede adalah objek wisata edukasi yang mengusung tema cinta lingkungan. Pembaruan identitas pada Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede bertujuan untuk membantu membentuk citra yang kuat dan meningkatkan kesadaran merek setelah berdirinya kampung selama 5 tahun terakhir. Dari riset studi eksisting ditemukan bahwa kampung beroperasi dengan sebuah logo dan media promosi melalui Instagram, dan dari mulut ke mulut. Kampung masih belum memiliki media promosi cetak dan elemen-elemen identitas visual yang konsisten, memicu adanya mispersepsi citra Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede. Dalam perancangan ini menggunakan prosedur perancangan desain yang sistematis meliputi identifikasi masalah, riset perancangan, konsep desain, dan evaluasi desain. Hasil dari riset data dianalisa melalui tabel S.W.O.T.. Hasil dari perancangan ini adalah identitas visual yang konsisten dan implementasinya pada media promosi yang mendukung, seperti katalog, brosur, dan merchandise.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., Yani, A. R., & Widyasari, W. (2022). Perancangan Logo Sebagai Identitas Visual Wisata Edukasi Gerabah (Weg) Di Bojonegoro. DESKOVI: Art and Design Journal, 5(1), 61–68.
Anggraini, L., & Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Nuansa Cendekia.
Clara, S., & Swasty, W. (2017). Pictogram on signage as an effective communication. Jurnal Sosioteknologi, 16(2), 167–176.
Darmawanto, E. (2019). Desain Komunikasi Visual II Perancangan Identitas Visual. Unisnu Press.
Edwina, D. E. (2020). Kesadaran Merek Dan Citra Merek Dalam Menentukan Loyalitas Merek Serta Implikasinya Pada Preferensi Merek (Suatu Survey Pada Konsumen Elzatta Di Pasar Baru, Bandung). Univesitas Komputer Indonesia.
Lauwrentius, S. (2015). Penciptaan City Branding Melalui Maskot sebagai Upaya Mempromosikan Kabupaten Lumajang. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Surabaya.
Rustan, S. (2013). Font and tipografi. Gramedia Pustaka Utama.
Said, A. A. (2017). Mendesain logo. Fakultas Seni Dan Desain UNM Makassar.
Sayatman, S., Darmawati, N. O., & Dwitasari, P. (2017). Pengembangan metode desain logo dan sistem grafis untuk mendukung pembelajaran desain komunikasi visual. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 16(2), 24–29.
Saputra, D., Warsaa, Y., & Happy, H. (2023). Brand Identity "UD Bakriy Furniture" To Enhancement Brand Awareness. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 7(02), 17-28. doi:10.32815/jeskovsia.v7i02.964
Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P. K., … Susanto, P. C. (2022). BOOK of BRAND MARKETING: THE ART OF BRANDING. Media Sains Indonesia.

Published

2024-07-30