Analisis Visual Penerapan Brand Equity Pada Video City Branding "Shining Batu"
Abstrak
Objek penelitian adalah video city branding Kota Batu yaitu video berjudul ”Shining Batu” yang di publikasikan oleh Pemerintah Kota Batu guna mendukung kegiatan branding diantaranya untuk promosi mengenalkan kepada starget audience untuk datang ke Kota Batu hingga menciptakan citra bahwa Kota Batu yang diwakilkan dengan City Branding ”Shining Batu” adalah destinasi wisata yang memiliki berbagai tempat untuk berlibur, untuk wisata kuliner hingga wisata alam dan wisata buatan. Penelitian ini berujuan untuk mengukur dan mengetahui brand equity dalam kegiatan branding yang disampaikan dalam video ”Shining Batu”. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana kan membahas dari segi kualitas audio dan visual dari segi penyajian setiap footage yang divisualkan dan dikorelasikan dengan city branding Pemerintah Kota Batu yaitu ”Shining Batu”. Hasil penelitian ini berupa beberapa analisis yang dikaitkan dengan disiplin ilmu desain komunikasi visual khususnya ilmu branding dan videografi.
Referensi
David A. 2010. Building Strong Brands. New York: The Free Press
Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring,and Managing Brand Equity. 3nd. New Jersey: Prentice Hall.
Kunto, Y. S. & Agusli, D. 2013. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Vol. 1, No. 2 2017: 1-8).
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Webtografi
https://jatim.bpk.go.id/kota-batu/
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.