Perancangan Video Infografis Bahaya Merokok untuk Anak SD Menggunakan Teknik Motion Graphics

  • Nira Rusanti
  • Nindi Oktaviani
  • Faldi Hendrawan STMIK ASIA
  • Widya Adhariyanty Rahayu
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i2.376

Abstrak

Kesehatan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Saat ini, banyak penyakit yang disebabkan tidak hanya melalui kuman atau bakteri, melainkan dari kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat. Merokok adalah salah satu kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat. Merokok dapat menimbulkan penyakit karena di dalam rokok terdapat zat kimia berbahaya yang mengandung racun. Bahaya merokok akan meningkat apabila dilakukan pada usia yang lebih muda yaitu anak SD. Bila anak-anak tumbuh menjadi perokok maka bahaya kesehatan muncul semakin besar. Upaya untuk mencegah kebiasaan merokok ini dapat dilakukan dengan berbagai media, salah satunya adalah media video infografis.


Untuk membuat sebuah video infografis perlu adanya pencarian data, yaitu melalui wawancara dan studi pustaka. Dalam sebuah proses perancangan yang dibuat terdapat dasar pemikiran bagaimana membuat sebuah video infografis yang dapat menarik anak SD dan mampu memahami isi video tersebut, yaitu dengan cara menonjolkan ilustrasi, animasi dengan bahasa dan gambar yang mudah dipahami. Dengan ditunjang teknik motion graphics maka pembuatan video ini akan semakin menarik. Video infografis merupakan salah satu bentuk media komunikasi visual yang terdiri atas informasi dan gagasan tentang suatu hal yang disajikan agar mampu mempengaruhi anak SD untuk memperoleh respon.


Video infografis ini dibuat dengan menggunakan beberapa elemen estetis visual seperti gambar, warna, audio dan tipografi sehingga video ini menjadi sangat menarik. Dari banyaknya elemen estetis yang digunakan maka dibutuhkan suatu software aplikasi Adobe After Effect agar seluruh komponen dapat saling terintegrasi. Diharapkan dengan adanya video infografis bahaya merokok ini, anak SD dapat memahami tujuan video dan memberikan respon seperti yang diharapkan. Dengan adanya kuisioner yang di ujikan kepada beberapa anak SD yang menunjukkan hasil nilai 75%. Video infografis bahaya merokok untuk anak SD ini baik, maka dalam pembuatan video infografis ini mempunyai kelayakan untuk dipublikasikan sebagai pengetahuan dan sarana edukasi untuk anak SD tentang bahaya rokok.

Diterbitkan
2019-08-01
How to Cite
RUSANTI, Nira et al. Perancangan Video Infografis Bahaya Merokok untuk Anak SD Menggunakan Teknik Motion Graphics. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 65-76, agu. 2019. ISSN 2597-4300. Tersedia pada: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/376>. Tanggal Akses: 06 des. 2019 doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i2.376.