Perancangan Multimedia Interaktif Tentang Kesenian Jaranan Turangga Yaksa Sebagai Media Pembelajaran Di SDN 3 Pringapus Kabupaten Trenggalek

  • abdulloh eizzi irsyada dosen
  • nerin sulistiani
  • faldi hendrawan
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i2.375

Abstrak

Pemahaman budaya daerah perlu dimiliki setiap orang sejak dini. Pada SDN 3 Pringapus mempelajari kesenian jaranan Turangga Yaksa untuk mengenalkan kepada siswanya. Akan tetapi proses belajar yang hanya terpaku pada buku serta kurangnya faktor interaktif, sehingga menurunnya minat belajar siswa. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, upaya untuk meningkatkan minat belajar anak dapat dilakukan dengan berbagai media, salah satunya adalah menggunakan media interaktif. Oleh karena itu dirancang sebuah multimedia interaktif menggunakan software pengolah multimedia. Karakter yang digunakan adalah karakter anak lengkap dengan pakaian jaranan dengan muka yang ceria, warna yang dominan hijau, dan warna dasar serta teks yang sederhana supaya mudah dibaca untuk memahami materi yang disampaikan oleh siswa. Setelah proses selesai maka selanjutnya pengujian efektivitas produk dengan cara penyebaran kuisioner. Hasil yang didapat dalam penelitian melalui penyebaran kuisioner yang telah dilakukan di SDN III Pringapus kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek, dapat ditarik kesimpulan bahwa 93% media pembelajaran ini dikatakan efektif.

Diterbitkan
2017-02-23
How to Cite
IRSYADA, abdulloh eizzi; SULISTIANI, nerin; HENDRAWAN, faldi. Perancangan Multimedia Interaktif Tentang Kesenian Jaranan Turangga Yaksa Sebagai Media Pembelajaran Di SDN 3 Pringapus Kabupaten Trenggalek. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 42-55, peb. 2017. ISSN 2597-4300. Tersedia pada: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/375>. Tanggal Akses: 06 des. 2019 doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i2.375.