Perancangan Komik Fiksi tentang Relaps sebagai Media Edukasi Pasien Rehabilitasi di Hayunanto Medical Center Malang

  • Rudy Wahyudi
  • Faldi Hendrawan STMIK ASIA

Abstract

Relaps merupakan hal yang serius bagi para penyalahgunaan narkoba. 65% dari seluruh pasien yang telah menjalani rehabilitasi narkoba di Hayunanto Medical Center kembali menggunakan narkoba atau relaps. Walaupun relapse merupakan masalah yang serius, para pasien rehabilitasi narkoba di Hayunanto Medical Center tidak mendapat edukasi tentang relaps secara penuh karena porsi materi sudah diatur sedemikian rupa untuk tidak membebani para pasien. Solusi yang ditawarkan pada penelitian ini adalah komik Tegar yang diharapkan mampu mengedukasi serta memberikan suatu pembaharuan media yang selama ini hanya berupa buku yang berdominan teks.


                Metode penelitian yang digunakan berupa observasi pengamatan sesi konseling antara konselor dengan para pasien rehabilitasi narkoba, teknik wawancara dengan para konselor tentang materi edukasi dan pengalaman para pasien rehabilitasi, serta studi pustaka dari sumber buku dan jurnal. Proses perancangan komik Tegar dimulai dari konsep, pembuatan sinopsis, storyline, dan storyboard. Membuat sebuah acuan model, outline, shading serta lighting, dilanjutkan input balon kata, teks, dan efek suara.


                Hasil pengujian yang dilakukan pada tanggal 7 Januari – 29 Juni 2020, menunjukkan komik Tegar masuk kedalam kategori layak dengan penilaian 86,2% terhadap 45 responden para pasien rehabilitasi narkoba. Dengan demikian, komik Tegar ini dapat mengedukasi pasien rehabilitasi narkoba tentang relaps.

References

Anggraini S., dan Kirana Nathalia (2014). Desain Komunikasi Visual. Bandung. Nuansa Cendekia.
Osmana, Fahli. (2012). Perancangan Buku Novel Grafis Sosok Dibalik Nama DN Aidit. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Kusriyant, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta. ANDI.
McCloud, Scott. (1993). Understanding Comic. Jakarta. Penerbit Gramedia.
Nasution, Zulkarnain. (2014). Memilih Lingkungan Bebas Narkoba untuk Remaja. Jakarta. Badan Narkotika Nasional.
Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Teori Pengajian Fiksi. Yogyakarta. UGM Press.
Primadi, Oscar. ( 2018). Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Jakarta. Departemen Kesehatan.
Sugianto, Mikael. (2011). Photoshop CS5 for Business. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
Suriyanto, Adi Dharma. (2006). Pengenalan Dasar 3Ds Max. Jakarta. AKOM-BSI.
Tim Program Studi. (2017) Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Malang. STMIK ASIA.
Wibisono, Yogie. (2017). Perancangan Komik Digital Sebagai Media Edukasi Taat Berlalu Lintas untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang. STMIK ASIA.
Published
2020-05-29
How to Cite
WAHYUDI, Rudy; HENDRAWAN, Faldi. Perancangan Komik Fiksi tentang Relaps sebagai Media Edukasi Pasien Rehabilitasi di Hayunanto Medical Center Malang. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 40-48, may 2020. ISSN 2597-4300. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/522>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v4i1.522.
Section
Articles