Breakout Board Game Design as an Educational Media for News Analysis in Stock Investing

Authors

  • Sukhita Tatang Solihin Universitas Kristen Satya Wacana
  • Jason Prestiliano
  • T. Arie Setiawan Prasida

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v7i02.917

Keywords:

board game, analisis berita, investasi saham

Abstract

Isu/berita menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi pada suatu perusahaan karena terdapat korelasi yang kuat antara pergerakan harga saham dengan perilisan informasi ke publik. Melalui board game para pemain dapat saling berinteraksi dan belajar untuk menganalisa isu/berita yang dapat berpengaruh terhadap perubahan harga saham dengan cara yang menyenangkan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan mix method dan menggunakan Linear Strategy. Board game Breakout merupakan sebuah media edukasi yang efektif untuk melatih investor pemula/calon investor menganalisa berita karena dapat mensimulasikan kegiatan berinvestasi saham yang berfokus pada isu/berita dengan cara yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, I. (2020, Januari 16). Alasan Utama Mengapa Board Game Cocok Dijadikan Media
Pembelajaran.
Djuraid, H. N. (2006). Panduan Menulis Berita : (Pengalaman Lapangan Seorang
Wartawan). UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah malang.
Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2011). Teori Portofolio dan Analitis Investasi. Alfabeta.
Gobet, F., Retschitzki, J., & de Voogt, A. (2004). Moves in Mind The Psychology of Board
Games (1 ed.). Psychology Press.
Oktavia, I., & Genjar, K. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham. UNEJ
e-Proceeding, 414–422.
Otoritas Jasa Keuangan. (2014). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 19/POJK.03/2014
tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Eksklusif.
Parrondo, M., Rayon-Viña, F., Borrell, Y. J., & Miralles, L. (2021). Sustainable Sea: A Board
Game for Engaging Students in Sustainable Fisheries Management. Applied
Environmental Education and Communication, 20(4), 406–421.
https://doi.org/10.1080/1533015X.2021.1930608
Pudrianisa, S. L. G., & Rizky. (2020). Board Game Arkeologi sebagai Media Komunikasi
Pemasaran Efektif. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema,
2(2), 130–136.
Putra, D. K., & Hirzi, A. T. (2022). Hubungan Pemberitaan di Media Online dengan
Pembentukan Opini pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Jurnal Riset
Jurnalistik dan Media Digital, 36–41. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i1.835
Shah, D., Isah, H., & Zulkernine, F. (2018). Predicting the Effects of News Sentiments on the
Stock Market. IEEE International Conference on Big Data (Big Data).
Talpsepp, T., Liivamägi, K., & Vaarmets, T. (2020). Academic Abilities, Education and
Performance in The Stock Market. Journal of Banking and Finance, 117.
https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2020.105848
Tekinbaş, K. S., & Zimmerman, E. (2003). Rules of Play Game Design Fundamentals. The
MIT Press.
Vanstone, B. J., Gepp, A., & Harris, G. (2019). Do News and Sentiment Play A Role in Stock
Price Prediction? Applied Intelleigence, 49(11), 3815–3820.
https://doi.org/10.1007/s10489-019-01458-9

Published

2023-08-31