Perancangan Game IDO untuk Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Construct 2
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i1.315Keywords:
educational games; English; vocabularyAbstract
Bahasa inggris merupakan salah satu mata kuliah yang masih menjadi beban. hal tersebut dikarenakan kurangnya minat mahasiswa dalam belajar bahasa inggris, khususnya dalam memperbanyak kosa kata bahasa inggris. sehingga, dikembangkan game untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris. nama game dalam penelitian ini adalah “english with ido”. Pengembangan game menggunakan construct 2. adapun konsep dari game ini adalah game platform yang dikombinasikan dengan kuis. pengujian game ini dilakukan secara uji fungsional dan kuisioner dengan jumlah 70 responden. adapun prosentase berupa aspek penilaian tampilan game menyatakan sangat setuju sebesar 74%, prosentase durasi waktu menyatakan setuju sebesar 50%, prosentase daya tarik mahasiswa untuk belajar menyatakan sangat setuju sebesar 52%, prosentase kemudahan belajar menyatakan setuju sebesar 49%, dan pentingnya game kosa kata menyatakan setuju sebesar 51%. Secara keseluruhan responden menyatakan setuju dan sangat setuju dari penerapan game english with ido.
Downloads
References
Defrianto, Dony. Kridalukmana, Rinta. Windasari, Ike Pratiwi. “Pengembangan Permainan Edukatif Ragam Budaya Nusantara Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3 No. 3 e-ISSN : 2338-0403), Agustus 2015
Almikdad, An’im. Isnanto, R Rizal. Windasari, Ike Pertiwi. “Pengembangan Permainan Edukatif Tebak Bendera Berbasis Windows Phone”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016
Setyawidi, Laras. Kridalukmana, Rinta. Martono, Kurniawan Teguh. “Pembuatan Aplikasi Permainan Ayo Sehat Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016
David. “Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horror”. Cogito Smart Journal Vol. 2 No. 2, pp 167-179, Desember 2016.
Purnomo, Fendi Aji, dkk. “Pembuatan Game Edukasi Petualangan Si Gembul Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya Pada Anak”. Jurnal Simetris Vol. 7 No.2 ISSN: 2252-4983. November 2016.
Fithri, Diana Laily. Setiawan, Dave Andre. “Analisa dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini”. Jurnal Simetris Vol. 8 No. 1 ISSN: 2252-4983. April 2017.
Batuwael, Edvin. Lumenta, Arie. Tulenan, Virginia. “Analisa dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android”. E-Journal Teknik Informatika Vol. 7 No. 1 ISSN : 2301-8364. Januari 2016.
Busran. Fitriyah. “Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar Membaca Pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android (Studi Kasus : Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra Padang Selatan)”. Jurnal Teknoif Vol. 3 No. 1 ISSN:2338-2724. April 2015.
Ashari, Yusuf. Kridalukmana, Rinta. Windasari, Ike Pertiwi. “Pembuatan Aplikasi Permainan Pengenalan Provinsi di Indonesia Melalui Game “Adventure Indonesia” Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016
Hendraputri, Annisa Hedlina. Kridalukmana, Rinta. Nurhayati, Oky Dwi. “Pengembangan Game Edukatif G30S/PKI Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 2 No. 4 e-ISSN : 2338-0403), Oktober 2014.
Adhanisa, Laila. Kridalukmana, Rinta, Martono, Kurniawan Teguh. “Pembuatan Permainan Lompat Karung Berbasis iOS Menggunakan Game Salad”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016.
Sholikhin, Riyadhi. Nurhayati, Oky Dwi. Widianto, Eko Didik. “Pembuatan Aplikasi Permainan “Engrang Run” Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 1 e-ISSN : 2338-0403), Januari 2016.
Kurniawan, Arsi. Satoto, Kodrat Iman. Kridalukmana, Rinta. “Perancangan dan Pengembangan Permainan Jelajah Indonesia Berbasis iOS Menggunakan GameSalad”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3 No. 1 e-ISSN : 2338-0403), Januari 2015.
Wulansari, Siti. Satoto, Kodrat Iman. Martono, Kurniawan Teguh. “Perancangan Permainan “UangAndro” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Anak Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4 No. 2 e-ISSN : 2338-0403), April 2016.
Syahrin, Yusnia Alfi. Satoto, Kodrat Iman. Martono, Kurniawan Teguh. “Perancangan dan Pengembangan Permainan Super Sigi Menggunakan Stencyl Sebagai Media Pengenalan Menyikat Gigi”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3 No. 1 e-ISSN : 2338-0403), Januari 2015.
Putri, Bellia Dwi Cahya. Kridalukmana, Rinta. Widianto, Eko Didik. “Perancangan Aplikasi Permainan Multiplayer Gobak Sodor Berbasis Flash di Lingkup Jaringan Lokal”.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.