Perancangan Video Interaktif Profil Tim Arema Cronus 2016

  • Nicholaus Wayong Kabelen
  • Ramadhani Pratama Putra
  • Faldi Hendrawan
  • Widya Adhariyanty Rahayu
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i2.377

Abstrak

Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Arema Cronus merupakan salah satu tim sepakbola Indonesia yang dikelola secara profesional dan memiliki penggemar dengan jumlah cukup besar. Kurangnya informasi secara mendalam tentang profil tim pelatih dan pemain Arema Cronus membuat para penggemar sedikit kesusahan dalam mencari informasi tersebut. Perancangan video interaktif dipilih untuk memudahkan penggemar mencari informasi profil tim Arema Cronus sekaligus menjadi terobosan terbaru penyampaian informasi berupa video interaktif melalui web portal Youtube.


Untuk mendukung penyelesaian penelitian digunakan beberapa metodologi yaitu kajian pustaka yang dilakukan dengan membaca buku untuk mempelajari teori pengambilan gambar sampai proses pengeditan video. Metodelogi wawancara dengan narasumber untuk mendapatkan informasi yang benar. Observasi dengan pengamatan langsung saat Arema Cronus menggelar latihan atau pertandingan. Metode dokumentasi dengan mengumpulkan data berupa foto atau video. Beberapa tahapan untuk proses produksi yaitu pengambilan objek foto atau video, editing foto, membuat layout dengan CorelDraw, editing video menggunakan Adobe Premiere dan mengunggah video ke portal Youtube.  


Kesimpulan dari pembahasan ini adalah merancang video interaktif sebagai media pengenalaman profil tim Arema Cronus dengan tampilan antar muka yang mudah dipahami, dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Saran perancangan ini adalah kedapannya ada yang membuat video interaktif ini dalam versi offline.

Diterbitkan
2019-08-01
How to Cite
KABELEN, Nicholaus Wayong et al. Perancangan Video Interaktif Profil Tim Arema Cronus 2016. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 77-98, agu. 2019. ISSN 2597-4300. Tersedia pada: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/377>. Tanggal Akses: 06 des. 2019 doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i2.377.