Video Company Profile Sanggar Alam Batik Pasuruan Sebagai Media Informasi

  • Muhamad Trias Endyarto Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Nicholaus Wayong Kabelen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

Kesenian (tradisi) merupakan hal yang patut dilestarikan, dan dijaga bersama, salah satu peninggalan tersebut yaitu batik. Batik merupakan rangkaian kata mbat dan tik. Mbat dalam bahasa jawa diartikan sebagai ngembat atau melempar berkali-kali, sedangkan tik berasal dari kata titik. Salah satunya Sanggar Alam Batik di Pasuruan. Karena sanggar ini ingin memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perkembangan dan pelestarian batik Pasuruan. Seiring perkembangan waktu masih banyak masyarakat di daerah kurang memperdulikan bahkan tidak mengetahui adanya sanggar batik ini dan sedikit yang mengetahui motif batik Pasuruan. Di era modern ini pengrajin batik yang menggunakan bahan pewarna alami juga jarang dijumpai. Maka dari itu untuk memberi informasi tentang batik Pasuruan. Diperlukan media informasi berupa audio visual semacam video company profile. Karena company profile ini mampu memberi gambaran umum mengenai suatu profile untuk menyampaikan dan menginformasikan.

References

Ambar B, Arini & Asti M. (2011). Batik Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta : Gramedia.
Effendy, Heru. (2009). Mari Membuat Film. Jakarta : Erlangga.
Effendy, Heru. (2014). Mari Membuat Film. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).
Irfan, Muhamad. (2013). Pembuatan Video Company Profile Pada Belukar March di Kelurahan Jayengan Kecamatan Serang Kota Surakarta.Jurnal FTI Unsa.Vol.12 No.1.Maret.
Semedhi, Bambang. (2011). Sinematografi – Videografi (suatu pengantar). Bogor : Ghalia Indonesia.
Published
2022-07-04
How to Cite
ENDYARTO, Muhamad Trias; KABELEN, Nicholaus Wayong. Video Company Profile Sanggar Alam Batik Pasuruan Sebagai Media Informasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 1-13, july 2022. ISSN 2597-4300. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/636>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i2.636.