Journey of Bengok Board Game Artwork Design as Promotional Media for Bengok Craft Using Flat Design
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v7i02.916Keywords:
artwork; board game; flat designAbstract
Inovasi media promosi sangat diperlukan untuk menunjang perkembangan usaha dari Bengok Craft yang ingin mengenalkan proses bisnisnya kepada calon konsumen, salah satunya melalui media board game. Agar calon konsumen mendapatkan gambaran serta lebih mudah dalam menangkap informasi yang disajikan, maka diperlukan tampilan visual yang menarik dan dapat menunjang dalam pengenalan proses bisnis Bengok Craft, dikarenakan Bengok Craft tidak hanya menjual produk saja, tetapi juga menjual nilai serta cerita dari produk yang dibuat, karena hal tersebut dapat membantu dalam pengenalan brand Bengok Craft secara mendalam serta membangun konsumen yang loyal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan strategi linear. Artwork yang ditampilkan dapat membantu target audience dalam mengenali identitas visual dari Bengok Craft serta mendapatkan gambaran dari proses bisnis yang dilakukan Bengok Craft.
Downloads
References
Visual. Jurnal Dimensi DKV Vol. 1-No.1 April 2016.
Conarta, Sintya (2015). Perancangan Brand Building Dan Media Promosi Untuk
Properpouch di Surabaya. VICIDI, Vol. 03 (No. 03), 18–28.
Fitriani, E. (2019). Motion Graphic Flat Design Sebagai Media Kampanye Anti School
Bullying Pada Anak di Kota Batu, Malang. Surakarta: Institut Seni Indonesia
Surakarta.
Hendrawan, A., Christyan Budi Susilo, dan Cherly Barbara (2018). Perancangan Board
Game Sebagai Media Penanaman Moral Bagi Anak Usia 6-9 Tahun Melalui
Pendekatan Pendidikan Agama Kristen. Artika Vol.3, No.1 Juli 2018.
Himmamie, Y., Sapto Adi, & Suci Puspita Ratih (2019). Pengembangan Permainan Papan
(Board Game) Edukatif Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak
Usia Sekolah. In Sport Science and Health | (Vol. 1, Issue 2): 2019.
Istianto, T. (2013). Perancangan Board Game Tentang Bercocok Tanam Di Rumah. Jurnal
Desain Komunikasi Visual Adiwarna, vol. 1, no. 2, 2013.
Maryuliana, Imam Much Ibnu Subroto, dan Sam Farisa Chairul Haviana (2016). Sistem
Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan
Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas
Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika
(TRANSISTOR EI), Vol. 1 (No. 2).
Prasetyo, R. H. (2019). Perancangan Identitas Visual Dan Aplikasinya Pada Media
Promosi Produk Umkm Pizza Laila Pati.
Pudrianisa, S. G., & Rizky. (2020). Board Game Arkeologi sebagai Media Komunikasi
Pemasaran Efektif. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema,
Volume 2, No. 2, Maret 2020, hal. 130-136.
Sarwono, Jonathan, dan Harry Lubis, 2007, Metode Riset untuk Desain Komunikasi
Visual, Yogyakarta: CV Andi Offset
Setiabudi, F. B. (2013). Perancangan Visual Artwork pada Game Simulasi Food Web
Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Setyawan, R. A., & Walter F. Atapukan. (2018). Pengukuran Usability Website
E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Universitas
Janabadra. Vol. 7, pp. 54–61, 2018.
Weirian, J. (2018). Perancangan Visual Artwork Board Game Edukasi Membangun Sikap
Toleransi. Jurnal Imajinasi Vol. XIII No. 2 - Juli 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.