Social Media Instagram as a Promotional Media to Increase Parvis Productions Brand Awareness

Authors

  • Jacob Irwanto Susilo Universitas Ciputra Surabaya
  • Rendy Iswanto

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v7i02.923

Keywords:

Brand Campaign, Branding, Digital Marketing, Videografi, Media Promosi

Abstract

Strategi pemasaran mulai masuk ke era digital dengan adanya digital marketing. Videografi adalah salah satu bentuk dari digital marketing yang mulai umum digunakan oleh para pelaku bisnis. Tetapi yang menjadi problem adalah bentuk pemasaran video masih belum digunakan dengan baik oleh masyarakat karena kendala biaya. Oleh karena itu, Parvis Production muncul menjawab masalah yang dihadapi oleh UMKM. Parvis Production adalah brand Videography yang berfokus pada pembuatan konten videografi berupa commercial videography dengan target market UMKM. Media promosi utama yang akan digunakan adalah Instagram dalam bentuk konten berupa feeds dan reels. Penelitian menggunakan pengumpulan data primer secara kualitatif melalui wawancara 3 expert user dari bidang videografi, design, dan branding. Kemudian 3 extreme user yang menggunakan video dalam media promosinya. Secara kuantitatif dilakukan melalui kuesioner online yang diisi oleh 100 orang sesuai dengan kriteria. Untuk data sekunder menggunakan literatur dan studi pustaka sebagai landasan teori guna mendukung data primer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cakranegara, P. A., & Susilowati, E. (2017). Analisis Strategi Implementasi Media Sosial
(Studi Kasus UKM “XYZ”). FIRM Journal of Management Studies, 2(2), 1–16.
Coles, L. (2017). Social Media for Business: Foolproof Tips to Help You Promote Your
Business or Your Brand (1st ed.). Wiley.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha
Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal
Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76.
https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175 Iswanto, R., & Saniscara, P. (2018).
Utilizing Instagram Social Media for Photo
Corner Promotional Services in Surabaya. VCD, 2(1), 1–9.
https://doi.org/10.37715/vcd.v2i1.568
Kapoor, R., & Kapoor, K. (2021). The transition from traditional to digital marketing: a
study of the evolution of e-marketing in the Indian hotel industry. Worldwide
Hospitality and Tourism Themes, 13(2),
199–213. https://doi.org/10.1108/WHATT-10-2020-0124
Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Gramedia Pustaka Utama.
Nurdin, Noviana, Munar, & Taufiq. (2020). CD INTERAKTIF PENGENALAN
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH.
Jurnal Teknologi Terapan & Sains, 1(2).
Odden, L. (2012). Optimize: How to Attract and Engage More Customers by Integrating
SEO, Social Media, and Content Marketing (1st ed.). Wiley.
Pradiani, T. (2018). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING
TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI
RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha
Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
91

JESKOVSIA Vol.07, No.02, Tahun 2023

https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Schenk, S., & Long, B. (2017). The Digital Filmmaking Handbook (6th ed.). Foreing
Films.
Serafinelli, E. (2018). Visual Media Marketing. In Digital Life on Instagram (pp. 99–124).
Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-495-420181004
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Penerbit
Alfabeta.
Tarigan, R. O., Hanim, W., & Wirasti, RA. M. K. (2020). VIDEO SIMULASI
PENGEMBANGAN VIDEO SIMULASI KONSELING TEKNIK DISPUTE
COGNITIVE UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI. Jurnal Pembelajaran
Inovatif, 3(1), 01–08. https://doi.org/10.21009/JPI.031.01
Wheeler, A., & Millman, D. (2017). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the
Whole Branding Team (5th ed.). Wiley.

Published

2023-08-31