Design of a Picture Story Book About Ponorogo Traditional Weddings as a Cultural Reference

Authors

  • Dhahabiani Yunisa Mumtyassanah State University of Malang
  • Sarjono Sarjono Universitas Negeri Malang
  • Fariza Wahyu Arizal Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v8i02.986

Keywords:

Cerita Bergambar, Pernikahan Adat, Ponorogo, Referensi, Budaya

Abstract

Pernikahan atau perkawinan dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang pernikahan (Indonesia, 2018) adalah ikatan lahir bathin seorang pria dan seorang wanita sebagai suami isteri membentuk sebuah keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pernikahan biasanya dirayakan dengan menggelar upacara resepsi pernikahan dengan mengikuti tata cara  upacara adat yang ada sesuai dengan daerah pengantin. Masyarakat harus menjunjung tinggi nilai – nilai dan makna setiap prosesi pernikahan yang dituangkan dalam bentuk benda, perbuatan, hingga ke sajian, seperti dalam upacara pernikahan adat Ponorogo. Namun masyarakat datang ke acara resepsi pernikahan  karena undangan tanpa memerhatikan dan mengetahui sakralnya makna setiap prosesi pernikahan. Masyarakat kurang mengetahui informasi karena minimnya sumber literatur tentang pernikahan adat Ponorogo. Metode perancangan milik Bruce Archer meliputi programming, Data Collection, Analysis, Syntesis, Development, dan Communication digunakan untuk merancang buku cerita bergambar memuat informasi tentang pernikahan adat Jawa Kabupaten Ponorogo. Buku ini dapat menjadi salah satu referensi budaya untuk masyarakat Kabupaten Ponorogo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku. (2008). KBBI Daring. Retrieved from Diambil Pada 15 Agustus 2023: https://kbbi.web.id/buku
Dewi, D.S. (2017). Pernikahan Ponoragan Di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Djoko Mulyono (2002) Mutiara di balik tata cara pengantin Jawa. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Dubberly, H. (2004). How Do You Design : A Compendium of Models. San Fransisco: Dubberly Design Office.
Herlandy, P.B., Doni, R. and Mukhtar, H. (2018). Buku Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Kisah Sahabat Nabi Dengan Pemanfaatan Augmented Reality, Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), pp. 22–29. Available at: https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.415.
Indonesia. (2018). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Jakarta: https://www.mkri.id/.
Kartikasari, S. (2014). Perancangan Buku Bergambar Ilustrasi Digital Budaya Suku Kajang di Sulawesi Selatan. https://repository.um.ac.id/14266/.
L Archer, B. (1968) ‘The Structure of Design Processes’, Royal College of Art [Preprint].
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pratama, K. (2017). Perancangan Buku Bergambar Tentang Tarian Tradisional Jawa Timur Sebagai Pengenalan Budaya Indonesia.
Raharjo, D. B. (2015). Analisis Nilai - Nilai Budaya Dalam Prosesi Temu Manten Adat Jawa. Digital Repository Unila, 11.
Referensi. (2016). KBBI Daring. Retrieved from Diambil 24 Mei 2023: https://kbbi.web.id/referensi
Turmudzy, N. P. (2018). Perancangan buku cerita bergambar Mengenal Kebiasaan dan Tradisi Suku Tengger untuk Mendukung Potensi Wisata Daerah. https://repository.um.ac.id/14659/.
Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Binus Jurnal.

Published

2024-07-30