Kreasi Cerita Bergambar Berbasis Budaya Lokal Malang
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v2i2.322Keywords:
Picture Stories, Local Culture of Malang.Abstract
Cerita bergambar merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian anak. Cerita bergambar menarik buat anak karena dengan gambar anak melihat berbagai hal yang dilihatnya. Melalui cerita bergambar anak bisa mengembangkan imajinasi mereka. Dari imajinasi atau fantasi anak akan muncul ide-ide baru sesuai dengan imajinasi anak. Dari dunia imajinasi anak, anak akan mempraktekkan apa yang ada dipikiran mereka. Banyaknya anak-anak yang belum mengenal Budaya Lokal Malang Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malang, namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menyusun produk media pembelajaran Budaya Lokal Malang. Oleh sebab itu perlu dikembangkannya media yang memperkenalkan Budaya Lokal Malang.
Downloads
References
Ani Widyawati. 2013. Pengembangan Media Komik Ipa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa dan Karakter Peserta Didik Kelas VIII. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY
Ashar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Asri Budiningsih. 2005. Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang : FIP UNY
Aunurrohman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfa Beta
Bard, Jon, dan Laura Backes. (2012). 11 Steps to Writing your First Children’s Book.Children’s Book Insider, LLC. http://www.cbiclubhouse.com. Diakses 10 Pebruari 2018
Budimansyah, Dasim, Yadi Ruyadi, dan Nandang Rusmana. (2010). Model Budaya Lokal Malangdi Perguruan Tinggi:Penguatan PKn, Layanan Bimbingan Konseling dan KKN Tematik di Universitas PendidikanIndonesia. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Dwi Siswoyo. 2008. Ilmu Pendidikan. Malang: UNY Press
Edi Setyawati. 2002. Indonesian Heritage. Jakarta : Groiler International.
Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Ermadwicitawati, N.M., I N. Sudiana, I M. Sutama. (2013). Pengembangan Materi Ajar Cerita Anak Yang Mengandung Budaya Lokal MalangPada Pembelajaran Membaca Cerita Anak SMP Kelas VII Di Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Tahun 2013.
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/v iewFile/703/488. Diakses 4 Nopember 2013.
Hamid Muhammad. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta :Depdiknas
Heinich, R. Et al. 2002. Instructional Media and Technology for Learning. 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Hujair, A.H. Saniky. 2009. Media Pembelajaran. Malang : Safiria Insania Press
http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/commodityarea.php?ia=3507&ic=2512
https://alghifaryindra.wordpress.com/2013/10/10/48/
http://jawatimuran.wordpress.com/2012/09/20/kemanten-malang/
Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Liando, Mayske. (2008). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Sumbersari II Malang. [Online]. Tersedia dalam: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/896 [2008]
Mc.Cloud Scout.2001.Understanding Comic. Jakarta:Kepustakaan PopulerGarmedia.
Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Surakarta: Andi
Munif Chatib. 2009. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence
di Indonesia. Bandung: PT Mizan Pustaka
M. S. Gumelar. 2011. Comic Making. Jakarta: PT Indeks
Pusat Kurikulum Kemdiknas. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.
Jarvis. M. (2009). Teori-teori Psikologi. (SPA-Teamwork). Bandung: Nusa Media.
Koesoema, D. (2007). Budaya Lokal Malang Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo.
Majid, A & Andayani, D. (2012). Budaya Lokal Malang Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mitchell, D. 2003. Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan State University.
Retrieved March 3, 2014, from http://novinasuprobo.wordpress.com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta pada artikel akan dialihkan ke JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia) jika artikel tersebut telah diterima untuk diterbitkan. Author menyatakan mengalihkan seluruh hak cipta, tanpa batasan apapun kepada JESKOVSIA. Author dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa artikel yang telah dibuat adalah karya asli penulis yang tertera di artikel, kecuali untuk materi yang jelas diidentifikasi sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Pengalihan hak cipta mencakup hak eksklusif untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi fotografis, microform, form elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.