Perancangan Green Packaging Untuk Tukang Sayoer Online

  • Raymond Putra Kurniawan Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Green Packaging adalah sebuah terobosan baru mengenai konsep pengemasan dengan memanfaatkan bahan yang ramah lingkungan dan tidak menggangnggu kestabilan dari lingkungan bila terjadi kontak dengan unsur lingkungan seperti air, udara dan tanah. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan green packaging yang di gunakan oleh Tukang Sayoer Online. Tukang Sayoer Online adalah salah satu usaha retail sayur berbasis online yang ingin menaikan value produk melalui kemasan yang ramah lingkungan atau green packaging.


Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan informasi yang relefan dengan penelitian. Informasi berupa data usaha dan data kemasan didapatkan melalui wawancara dengan pemilik Tukang Sayoer Online. Sedangkan data konsumen, data kepekaan terhadap lingkungan dan selera visual didapatkan melalui wawancara dengan konsumen Tukang Sayoer Online.


Peneliti menemukan bahwa konsumen Tukang Sayoer Online lebih memilih visual yang modern dan minimalis. Dengan begitu, peneliti menyesuaikan desain green pacakaging untuk Tukang Sayoer Online dengan desain yang modern dan minimalis. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi penggunaan plastik sebagai alat kemasan dan juga meningkatkan value produk Tukang Sayoer Online.

Published
2021-11-11
How to Cite
KURNIAWAN, Raymond Putra. Perancangan Green Packaging Untuk Tukang Sayoer Online. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 10-21, nov. 2021. ISSN 2597-4300. Available at: <https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jeskovsia/article/view/564>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i1.564.
Section
Articles