Design Logo and Promotion Media Le Jaune Patisserie
DOI:
https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v4i2.524Keywords:
logo, branding, promotional media, digital, dessertAbstract
Semakin berkembangnya teknologi digital, industri makanan dan minuman juga semakin berkembang di Indonesia. Teknologi dapat dijadikan sebagai media penjualan dan promosi yang mempermudah usaha-usaha kecil yang ingin memperkenalkan usahanya kepada calon konsumen. Perkembangan ini juga berarti semakin meningkatnya persaingan antar produk yang satu dengan yang lain. Le Jaune Patisserie merupakan salah satu industri makanan minuman yang menjual produk dessert yang cukup unik, tetapi UMKM ini masih kurang dikenali oleh masyarakat kota Malang karena kurangnya promosi yang dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkannya sesuatu yang dapat menarik minat konsumen. Perancangan ini dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil dari perancangan ini adalah membuat logo, buku CIS yang berguna sebagai panduan dalam mengaplikasikan logo dan elemen visual lainnya untuk menjaga konsistensi brand. Selain itu juga dirancang media promosi digital berupa feeds Instagram dan box packaging yang berguna untuk melindungi produk dan sebagai media promosi secara tidak langsung.
Downloads
References
Dianastuti, W. A. (2016). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Kuliner Kota Semarang (Studi Kasus pada Komunitas Online @jakulsemarang), Interaksi Online, 4(1).
Herdiana, W. (2018). Media Promosi Produk Kreatif Dengan Media Digital, SENSITEK, pp. 570-574.
Ramadan, A.S. (2018). Sutiaji Sebut Usaha Kuliner Punya Potensi Besar di Kota Malang. Surya Malang, https://suryamalang.tribunnew s.com/2018/09/01/sutiaji-sebut-usaha-kuliner-punya-potensi-besar-di-kota-malang (diakses pada tanggal 15 Februari 2020).
Rangkuti, F. (2011). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis : Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia.
Santika, G.D., Fianto, A.Y. dan Aziz, A. (2013). Perancangan Logo dan Media Promosi PT. Amerta Sari Transport Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness, Jurnal ArtNouveau, 1(1) pp. 39-49.
Sukma, F., Sarma, M. dan Syamsun, M. (2015). Efektivitas Iklan dalam Menumbuhkan Brand Awareness SMA Sampoerna, Manajemen IKM, 10(2) pp. 182-193
Yasmin, P.A. (2018). Memperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 9,23%, detikFinance, <https://finance.detik.com/industri/d-3985814/menperin-industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-923> (diakses pada tanggal 15 Februari 2020).